Wednesday, May 8, 2024
Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Tema : Aku Sayang Bumi
Projek : “Aku Penyelamat Bumi”
Nama Penyusun : Kelompok B
Nama Sekolah : TK Al Ghoniya Kota Malang
Fase/Kelas : Pondasi/ TK B (Usia 5-6 Tahun)
Alokasi Waktu : 3 pekan (25 April – 30 Mei 2024)
Gambaran Umum Projek
Projek “Aku Penyelamat Bumi” merupakan pengembangan dari tema besar “Aku Sayang Bumi”, pelaksanaan kegiatan ini dikaitkan dengan peringatan Hari Bumi dibulan April yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan yang dikenalkan kepada anak sejak usia dini, sehingga kedepan mereka mampu ikut menjaga bumi dari kerusakan, melalui tindakan yang paling sederhana seperti menjaga kebersihan lingkungan, menanam tanaman dan memanfaatkan benda-benda yang tidak terpakai. Aktivitas ini dilakukan supaya bumi tetap menjadi tempat tinggal yang baik dan sehat.
Salah satu projek yang akan dilaksanakan oleh siswa yaitu tentang penghijauan dilingkungan sekolah, diharapkan anak-anak dapat mengenal manfaatnya, seperti memperindah lingkungan sekolah, menyejukkan udara diarea sekolah dan membangun kerjasama tim serta rasa tanggung jawab bersama dalam menciptakan lingkungan sekolah yang asri dan nyaman. Anak-anak akan termotivasi untuk meningkatkan aktivitas literasi, kreativitas, menumbuhkan rasa ingin tahu, dan mengeksplorasi pengetahuan yang didapat. Sehingga menciptakan pengalaman main yang menyenangkan yaitu belajar melalui bermain.
Projek ini akan menerapkan 3 dimensi profil pelajar Pancasila yaitu dimensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, dimensi bergotong royong serta dimensi kreatif. Guna mendukung pelaksanaan projek ini pendidik akan melibatkan orang tua dengan harapan kegiatan akan berjalan secara optimal.
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila Projek “Aku Penyelamat Bumi”
Dimensi
Elemen
Sub Elemen
Akhir Fase Pondasi
Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia
Akhlak kepada alam
Menjaga lingkungan alam sekitar
Membiasakan bersyukur atas karunia lingkungan alam sekitar dengan menjaga kebersihan dan merawat lingkungan alam sekitarnya
Bergotong royong
Kolaborasi
Kerjasama
Terbiasa bekerja bersama dalam melakukan kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang)
Kreatif
Menghasilkan gagasan yang orisinal
Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan sederhana yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya
Tahapan Projek
Tahapan
Kegiatan
Kenali
Menonton Video
Mendengarkan Cerita
Berdiskusi
Selidiki
Mengamati lingkungan sekolah
Menceritakan kondisi sekolah sesuai hasil pengamatan
Menyampaikan ide/gagasan
Lakukan
Memilah sampah sesuai dengan jenisnya
Kreativitas daur ulang bahan non organik menjadi bentuk pot bunga
Gerakan aku penyelamat bumi “Penanaman tabulampot (tanaman buah dalam pot)”
Kreasi taman TK B
Genapi
Refleksi
Rencana tindak lanjut
Tujuan Projek
Siswa terbiasa bersyukur atas karunia lingkungan alam sekitar dengan cara merawat dan menjaga kebersihan lingkungan
Terbiasa bekerja bersama dalam melakukan kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang)
Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan sederhana yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya
Alur Projek
Tahap Kenali
Kegiatan pemantik :
Apa yang kamu ketahui tentang bumi ?
Mengapa udara semakin panas ?
Tahap Selidiki
Curah pendapat :
Apa penyebab udara semakin panas ?
Bagaimana kondisi lingkungan sekolahmu ?
Bagaimana merawat lingkungan sekolah supaya bersih dan asri ?
Apa manfaat pohon bagi makhluk ciptaan Allah?
Tahap Lakukan
Apa rencanamu ?
Tunjukkan karya dan kreatifitasmu
Bekerjasama dengan baik
Gerakan aku penyelamat bumi “Penanaman buah dalam pot”
Tahap Genapi
Refleksi
Rencana tindak lanjut
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PROJEK
Tahap Kenali
Hari ke 1 dan 2
Waktu : 90 menit
Alat dan bahan : Video pemantik “Yuk Sayangi Bumi” https://youtube.com/watch?v=ed2MI7cEkKc&feature=shared
spidol, kertas kalender bekas
Kegiatan Projek
Guru menayangkan video “Yuk Sayangi Bumi”
Guru memberikan kesempatan pada anak untuk menceritakan kembali tayangan video
Guru mengajak anak untuk berdiskusi dengan memberikan pertanyaan pemantik :
Apa yang kalian ketahui tentang bumi ciptaan Allah ?
Siapa yang menciptakan udara ?
Mengapa udara menjadi panas ?
Kapan kamu rasakan panasnya udara?
Bagaimana kondisi lingkungan sekolahmu ?
Guru menyediakan kegiatan main anak berupa :
Merangkai kata menjadi kalimat sederhana
Kreasi gambar bumi
Membuat taman sekolah menggunakan berbagai bahan
Eksperimen gejala alam
Dikegiatan penutup guru mengajak anak untuk mengulas kegiatan yang sudah dilakukan hari itu dan mendiskusikan kegiatan hari esok
Fokus Pengamatan :
Mampu menyampaikan apa yang dipikirkan dengan singkat
Dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran atau perasaannya dalam bentuk karya serta mengapresiasi karya yang dihasilkan
Tahap Selidiki
Hari ke 3 dan 4
Waktu : 90 menit
Alat dan bahan : Video pemantik “Keadaan Cuaca” https://youtube.com/watch?v=W06-cbZ0Yc4&feature=shared
Kertas berbagai jenis, spidol, lem, solasi
Kantong plastic, tanaman, kabel tis
Kegiatan Projek
Guru mengajak anak mengamati kondisi lingkungan sekolah
Guru memberikan kesempatan pada anak untuk menceritakan hasil pengamatan
Guru mengajak anak untuk berdiskusi dengan memberikan pertanyaan pemantik :
Bagaimana kondisi lingkungan sekolahmu ?
Apa penyebab udara semakin panas ?
Bagaimana merawat lingkungan sekolah supaya bersih dan asri ?
Apa manfaat pohon bagi makhluk ciptaan Allah?
Guru menyediakan kegiatan main anak berupa :
Eksperimen tanaman penghasil oksigen
Mengumpulkan sampah daur ulang
Kreasi poster “Aku penyelamat bumi”
Dikegiatan penutup guru mengajak anak untuk mengulas kegiatan yang sudah dilakukan hari itu dan mendiskusikan kegiatan hari esok
Fokus Pengamatan :
Mampu menyampaikan apa yang dipikirkan dengan singkat
Dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran atau perasaannya dalam bentuk karya serta mengapresiasi karya yang dihasilkan
Tahap Lakukan
Hari ke 5-12
Waktu : 90 menit
Alat dan bahan : Tanaman, bahan loosepart, cat, kuas, lem, tali, batu taman, batang pohon, kabel tis
Kegiatan Projek
Guru mengajak anak mengamati dan memilah sampah yang dibawa dari rumah
Guru memberikan kesempatan pada anak untuk menceritakan hasil pengamatan sesuai pendapatnya
Guru mengajak anak untuk berdiskusi dengan memberikan pertanyaan pemantik :
Apa saja barang tidak terpakai yang kalian bawa dari rumah ?
Bagaimana cara kalian memilahnya ?
Apakah rencana yang akan kalian lakukan terhadap barang-barang tersebut ?
Tanaman apa yang akan kalian tanam ?
Bagaimana cara menanamnya ?
Bagaimana caranya agar tanaman kalian tumbuh subur ?
Dimana kalian akan membuat taman sekolah ?
Bagaimana cara agar taman sekolah kalian terlihat indah?
Guru menyediakan kegiatan main anak berupa :
Memilah sampah sesuai dengan jenis/bahannya
Kreativitas daur ulang bahan non organik menjadi bentuk pot bunga
Gerakan aku penyelamat bumi “Penanaman tabulampot (tanaman buah dalam pot)”
Kreasi taman TK B
Dikegiatan penutup guru mengajak anak untuk mengulas kegiatan yang sudah dilakukan hari itu dan mendiskusikan kegiatan hari esok
Fokus Pengamatan :
Mampu menyampaikan apa yang dipikirkan dengan singkat
Dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran atau perasaannya dalam bentuk karya serta mengapresiasi karya yang dihasilkan
Tahap Genapi :
Refleksi dan tindak lanjut
Hari ke 13 dan 14
Waktu : 120 menit
Alat dan bahan : Video proses projek kelas
Kegiatan Pembelajaran :
Pada tahap genapi ini, guru mengajak anak untuk menceritakan dan merefleksikan pengalaman mereka saat melaksanakan kegiatan projek mulai dari awal hingga saat penataan taman.
Pertanyaan pemantik :
Bagaimana perasaan kalian membuat projek ini hingga akhir ?
Kegiatan mana yang paling kalian suka dan mengapa?
Apa yang kalian tidak suka dan mengapa?
Apa yang kalian lakukan terhadap hasil karya yang sudah kalian buat?
ASESMEN
Guru melakukan asesmen dengan cara mengobservasi anak selama proses kegiatan belajar melalui bermain dan mendokumentasikan proses kegiatan anak.
Foto berseri
Penilaian Ceklis
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
MODUL PEMBELAJARAN TEMA IDENTITAS KELUARGAKU
TOPIK : LINGKUNGAN SEKITARKU AMAN DAN NYAMAN Nama Penyusun : Dwi Wulansari, S. Psi Nama Sekolah : PAUD Al Ghoniya Tahun P...
-
TOPIK : LINGKUNGAN SEKITARKU AMAN DAN NYAMAN Nama Penyusun : Dwi Wulansari, S. Psi Nama Sekolah : PAUD Al Ghoniya Tahun P...
-
Tema : Aku Sayang Bumi Projek : “Aku Penyelamat Bumi” Nama Penyusun : Kelompok B Nama Sekolah : TK Al Ghoniya Kota Malang Fase/Kelas : ...
No comments:
Post a Comment