Monday, May 20, 2024

MODUL PEMBELAJARAN TEMA IDENTITAS KELUARGAKU

TOPIK : LINGKUNGAN SEKITARKU AMAN DAN NYAMAN Nama Penyusun : Dwi Wulansari, S. Psi Nama Sekolah : PAUD Al Ghoniya Tahun Penyusunan : 2023 Sub Topik : Identitas Keluargaku Fase/Kelas : Fondasi / KB (usia 3-4 tahun) Alokasi Waktu : 1 minggu (25 September – 6 Oktober 2023) Elemen dan Sub Elemen Nilai Agama dan Moral dan Budi Pekerti Sub Elemen : Anak percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, mulai mengenal dan mempraktikkan ajaran pokok sesuai agama dan kepercayaannya (NABP. 1) Anak menghargai sesama manusia dengan berbagai perbedaannya dan mempraktikkan perilaku baik dan berakhlak mulia.(NABP. 3) Elemen : Jati Diri Sub elemen : Anak mengenali, mengekspresikan dan mengelola emosi diri serta membangun hubungan sosial secara sehat (JD. 1) Anak mengenal dan memiliki perilaku positif terhadap diri dan lingkungan (keluarga, sekolah, masyarakat, negara dan dunia) serta rasa bangga sebagai anak Indonesia yang berlandaskan Pancasila (JD. 2) Anak menyesuaikan diri dengan lingkungan, aturan dan norma yang berlaku. (JD 3) Anak menggunakan fungsi gerak (motorik kasar, halus, dan taktil) untuk mengeksplorasi dan memanipulasi berbagai objek dan lingkungan sekitar sebagai bentuk pengembangan diri. (JD. 4) Elemen : Dasar-dasar Literasi,Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa dan Seni Sub elemen : Anak mengenali dan memahami berbagai informasi, mengkomunikasikan perasaan dan pikiran secara lisan, tulisan, atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan. (DLSTEAM. 1) Anak mengenali dan menggunakan konsep pra matematika untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari (DLSTEAM. 3) Anak menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis, kreatif dan kolaboratif. (DLSTEAM. 4) Anak menunjukkan kemampuan awal menggunakan dan merekayasa teknologi serta untuk mencari informasi, gagasan dan keterampilan secara aman dan bertanggung jawab (DLSTEAM. 6) Tujuan Pembelajaran : Anak mulai mengenal benda ciptaan Allah dan manusia (NABP 1.3) Anak mulai meniru perilaku sopan dan santun kepada orang di sekitarnya (NABP 3.2) Anak mulai dapat mengekspresikan emosi secara wajar (JD 1.3) Anak mulai mengenal cara mengendalikan emosi (JD 1.4) Anak mulai menunjukkan perasaan bangga terhadap dirinya dan keluarganya (JD 2.3) Anak mulai mau memahami aturan aturan di lingkungannya (kelas, rumah dan di tempat umum) (JD 3.1) Anak mulai dapat menggunakan fungsi gerak taktil, seperti membedakan kasar dan halus.(JD 4.3) Anak mulai memahami dan menjawab pertanyaan/pernyataan sederhana (DLSTEAM 1.2) Anak mau mengekspresikan pendapatnya/ide melalui berbagai kegiatan (DLSTEAM 1.4) Anak mengenali bentuk/pola (3.1) Anak dapat mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, ukuran dan warna (DLSTEAM 4.2) Anak menunjukkan ketertarikan untuk mengenal dan mengeksplorasi teknologi sederhana di lingkungannya (DLSTEAM 6.1) Media & Sumber Belajar : Musik lagu “Satu Satu Aku Sayang Ibu” https://youtu.be/_v1cm41uN_0?feature=shared Kapur warna, gelas plastik, kertas lipat berwarna dan bola untuk kegiatan fun game Plastisin, nampan, mainan masak-masakan, miniatur buau dan sayur untuk kegiatan bermain peran menjadi anggota keluarga Gelas plastik, kartu angka dan huruf, nampan, kancing, balok warna warni, bombik, daun kering, kerang, botol bekas, kardus bekas, tutup botol untuk kegiatan berhitung dengan benda Bola warna, solasi, sendok, kancing baju, tali sepatu, stik es krim, balok warna, lego, sedotan untuk bermain pola warna. Boneka bayi, baju, hanger, gambar ekspresi wajah, kasur, topi, peralatan bekerja, keranjang, meja, kursi untuk bermain peran. Kegiatan Pembelajaran : Kegiatan Pagi Hari SOP Kegiatan pagi hari Gerak dan lagu “Sayang Semua” Mengenal huruf hijaiyah “Ta” Fun Game : bermain mengenal warna, senam otak, bermain menebak suara, senam sehat gembira, bermain tepuk Pembukaan Bercerita : Anggota keluargaku Pekerjaan orangtua Aturan di keluargaku Diskusi tentang : Nama anggota keluarga Tugasku di rumah Kebiasaan dalam lingkungan rumah Membuat kesepakatan sebelum bermain Menjelaskan tantangan main Kegiatan Inti : Bermain pola warna Karnaval dengan kostum tema keluargaku Bermain peran menjadi anggota keluarga Bermain angka 1 dan 2 Penutup Bercerita tentang pengalaman bermain Menguatkan pengetahuan/keterampilan yang telah dibangun anak selama bermain Memberikan apresiasi atas perilaku positif yang telah dilakukan anak Rencana kegiatan pada hari berikutnya Berdoa pulang Penilaian Mengobservasi anak selama proses kegiatan bermain dan belajar Mendokumentasikan proses kegiatan bermain dan belajar Membuat refleksi bersama anak mengenai keberhasilan atau hal positif yang telah dilakukan oleh dirinya atau teman lain Melakukan pencatatan dengan tekhnik asessment observasi, foto berseri, cheklist, hasil karya Malang, 22 September 2023 Mengetahui Kepala PAUD Al Ghoniya Guru Kelas Sadia Mewar, S.Pd., M. Si. Dwi Wulansari, S. Psi

No comments:

Post a Comment

MODUL PEMBELAJARAN TEMA IDENTITAS KELUARGAKU

TOPIK : LINGKUNGAN SEKITARKU AMAN DAN NYAMAN Nama Penyusun : Dwi Wulansari, S. Psi Nama Sekolah : PAUD Al Ghoniya Tahun P...