Monday, May 20, 2024
MODUL PEMBELAJARAN TEMA IDENTITAS KELUARGAKU
TOPIK : LINGKUNGAN SEKITARKU AMAN DAN NYAMAN
Nama Penyusun : Dwi Wulansari, S. Psi
Nama Sekolah : PAUD Al Ghoniya
Tahun Penyusunan : 2023
Sub Topik : Identitas Keluargaku
Fase/Kelas : Fondasi / KB (usia 3-4 tahun)
Alokasi Waktu : 1 minggu (25 September – 6 Oktober 2023)
Elemen dan Sub Elemen
Nilai Agama dan Moral dan Budi Pekerti
Sub Elemen :
Anak percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, mulai mengenal dan mempraktikkan ajaran pokok sesuai agama dan kepercayaannya (NABP. 1)
Anak menghargai sesama manusia dengan berbagai perbedaannya dan mempraktikkan perilaku baik dan berakhlak mulia.(NABP. 3)
Elemen : Jati Diri
Sub elemen :
Anak mengenali, mengekspresikan dan mengelola emosi diri serta membangun hubungan sosial secara sehat (JD. 1)
Anak mengenal dan memiliki perilaku positif terhadap diri dan lingkungan (keluarga, sekolah, masyarakat, negara dan dunia) serta rasa bangga sebagai anak Indonesia yang berlandaskan Pancasila (JD. 2)
Anak menyesuaikan diri dengan lingkungan, aturan dan norma yang berlaku. (JD 3)
Anak menggunakan fungsi gerak (motorik kasar, halus, dan taktil) untuk mengeksplorasi dan memanipulasi berbagai objek dan lingkungan sekitar sebagai bentuk pengembangan diri. (JD. 4)
Elemen : Dasar-dasar Literasi,Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa dan Seni
Sub elemen :
Anak mengenali dan memahami berbagai informasi, mengkomunikasikan perasaan dan pikiran secara lisan, tulisan, atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan. (DLSTEAM. 1)
Anak mengenali dan menggunakan konsep pra matematika untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari (DLSTEAM. 3)
Anak menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis, kreatif dan kolaboratif. (DLSTEAM. 4)
Anak menunjukkan kemampuan awal menggunakan dan merekayasa teknologi serta untuk mencari informasi, gagasan dan keterampilan secara aman dan bertanggung jawab (DLSTEAM. 6)
Tujuan Pembelajaran :
Anak mulai mengenal benda ciptaan Allah dan manusia (NABP 1.3)
Anak mulai meniru perilaku sopan dan santun kepada orang di sekitarnya (NABP 3.2)
Anak mulai dapat mengekspresikan emosi secara wajar (JD 1.3)
Anak mulai mengenal cara mengendalikan emosi (JD 1.4)
Anak mulai menunjukkan perasaan bangga terhadap dirinya dan keluarganya (JD 2.3)
Anak mulai mau memahami aturan aturan di lingkungannya (kelas, rumah dan di tempat umum) (JD 3.1)
Anak mulai dapat menggunakan fungsi gerak taktil, seperti membedakan kasar dan halus.(JD 4.3)
Anak mulai memahami dan menjawab pertanyaan/pernyataan sederhana (DLSTEAM 1.2)
Anak mau mengekspresikan pendapatnya/ide melalui berbagai kegiatan (DLSTEAM 1.4)
Anak mengenali bentuk/pola (3.1)
Anak dapat mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, ukuran dan warna (DLSTEAM 4.2)
Anak menunjukkan ketertarikan untuk mengenal dan mengeksplorasi teknologi sederhana di lingkungannya (DLSTEAM 6.1)
Media & Sumber Belajar :
Musik lagu “Satu Satu Aku Sayang Ibu” https://youtu.be/_v1cm41uN_0?feature=shared
Kapur warna, gelas plastik, kertas lipat berwarna dan bola untuk kegiatan fun game
Plastisin, nampan, mainan masak-masakan, miniatur buau dan sayur untuk kegiatan bermain peran menjadi anggota keluarga
Gelas plastik, kartu angka dan huruf, nampan, kancing, balok warna warni, bombik, daun kering, kerang, botol bekas, kardus bekas, tutup botol untuk kegiatan berhitung dengan benda
Bola warna, solasi, sendok, kancing baju, tali sepatu, stik es krim, balok warna, lego, sedotan untuk bermain pola warna.
Boneka bayi, baju, hanger, gambar ekspresi wajah, kasur, topi, peralatan bekerja, keranjang, meja, kursi untuk bermain peran.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan Pagi Hari
SOP Kegiatan pagi hari
Gerak dan lagu “Sayang Semua”
Mengenal huruf hijaiyah “Ta”
Fun Game : bermain mengenal warna, senam otak, bermain menebak suara, senam sehat gembira, bermain tepuk
Pembukaan
Bercerita :
Anggota keluargaku
Pekerjaan orangtua
Aturan di keluargaku
Diskusi tentang :
Nama anggota keluarga
Tugasku di rumah
Kebiasaan dalam lingkungan rumah
Membuat kesepakatan sebelum bermain
Menjelaskan tantangan main
Kegiatan Inti :
Bermain pola warna
Karnaval dengan kostum tema keluargaku
Bermain peran menjadi anggota keluarga
Bermain angka 1 dan 2
Penutup
Bercerita tentang pengalaman bermain
Menguatkan pengetahuan/keterampilan yang telah dibangun anak selama bermain
Memberikan apresiasi atas perilaku positif yang telah dilakukan anak
Rencana kegiatan pada hari berikutnya
Berdoa pulang
Penilaian
Mengobservasi anak selama proses kegiatan bermain dan belajar
Mendokumentasikan proses kegiatan bermain dan belajar
Membuat refleksi bersama anak mengenai keberhasilan atau hal positif yang telah dilakukan oleh dirinya atau teman lain
Melakukan pencatatan dengan tekhnik asessment observasi, foto berseri, cheklist, hasil karya
Malang, 22 September 2023
Mengetahui
Kepala PAUD Al Ghoniya Guru Kelas
Sadia Mewar, S.Pd., M. Si. Dwi Wulansari, S. Psi
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
MODUL PEMBELAJARAN TEMA IDENTITAS KELUARGAKU
TOPIK : LINGKUNGAN SEKITARKU AMAN DAN NYAMAN Nama Penyusun : Dwi Wulansari, S. Psi Nama Sekolah : PAUD Al Ghoniya Tahun P...
-
TOPIK : LINGKUNGAN SEKITARKU AMAN DAN NYAMAN Nama Penyusun : Dwi Wulansari, S. Psi Nama Sekolah : PAUD Al Ghoniya Tahun P...
-
Tema : Aku Sayang Bumi Projek : “Aku Penyelamat Bumi” Nama Penyusun : Kelompok B Nama Sekolah : TK Al Ghoniya Kota Malang Fase/Kelas : ...
No comments:
Post a Comment